Belajar Bisnis Pemula: Membangun Sistem Penghasil Uang

WIRALINK – Belajar Bisnis Pemula: Membangun Sistem Penghasil Uang adalah tulisan ke-4 dari seri ‘Belajar Bisnis’ ala Wiralink. Bagi anda yang baru menemukan blog ini, silahkan baca artikel sebelumnya :

  1. [Konsultasi] Belajar Peluang Bisnis Untuk Pemula
  2. Belajar Bisnis Pemula: Manfaatkan Modal Kecil Untuk Sesama
  3. Belajar Bisnis Pemula: Cari Produk & Buat Jaringan Mitra Bisnis


Sebelumnya, sekali lagi, saya sampaikan kalau saya bukan seorang ‘hebat’ yang menjadi ‘Pakar Bisnis’ dan sudah menghasilkan uang berlimpah dari bisnis yang saya kerjakan. Tetapi, Insya Allah saya sedang membangun ‘sesuatu’ yang bisa menjadi pegangan hidup untuk masa kini dan masa depan. Tulisan blog ini hanya menjadi arsip dan motivasi bagi saya sendiri untuk menekuni dunia bisnis yang ternyata menarik dan bisa menghasilkan banyak rejeki bagi mereka yang fokus di dalamnya.

Sebuah update bagus dari teman facebook, begini :

Dahulu kita mendengar…. orang tua dan guru guru kita mengajarkan kepada kita sebuah kalimah sesat lagi menyesatkan:
“Nak sekolah yg rajin dan pandai, supaya besar kau mudah mencari kerja.
Mari mulai detik ini, kita rubah pemikiran sesat itu, kita ajarkan kebaikan kepada anak anak kita, dengan satu kalimat indah:
“Nak sekolah yg rajin dan pandai, supaya besar nanti kamu jadi pengusaha, bapak malu kalo kamu cari cari kerja. Ciptakan pekerjaan, dan jadi BOS……..minimal untuk diri sendiri.
Negeri ini lebih butuh banyak pengusaha dari pada pekerja. [by: Abu Salman]

Yah, banyak diantara kita masih terjebak pada sebuah pola pikir bahwa mencari uang itu identik dengan mencari pekerjaan di kantor atau perusahaan.  Jarang sekali orang yang memikirkan cara mencari uang di pasar misalnya dengan menjual sayuran, buah-buahan,  makanan kecil, dan lain-lain … kecuali KEPEPET alias mereka tidak punya pilihan selain membuka bisnis sendiri.

Seorang teman pernah berkata bahwa mereka yang terjun ke dunia bisnis biasanya karena faktor tidak sengaja atau bisnis sebagai kegiatan iseng selama belum mendapatkan pekerjaan yang mapan. Jadi, ada ketakutan pada sebagian orang bahwa ‘berbisnis itu tidak mapan’ secara finansial sehingga harus mencari kerja untuk mendapat uang tetap.

Banyak di antara kita yang sudah dijejali bermacam disiplin ilmu dan pendidikan sehingga malah membuat pola pikir kita menjadi takut dengan bayang-bayang sendiri. Banyak pebisnis sukses yang ternyata berasal dari jenjang pendidikan biasa-biasa dan modal ala kadarnya.  Seorang teman pernah menulis begini :

90% calon entrepreneur awalnya memulai usaha dengan keterbatasan, cekak!

Bagaimana?

OK, cukup dulu intronya. Mari lanjutkan ke pembahasan awal yaitu bagaimana cara menghasilkan uang dari bisnis.

Saya sudah menulis di artikel terdahulu begini :

Jangan takut berbagi rejeki, tetapi lebih takutlah ketika ternyata tidak ada rejeki yang bisa dibagi untuk dinikmati bersama orang lain.

Maka ayo saling berbagi kesempatan dan peluang agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Maksudnya ketika anda mempunyai uang dan merasa takut untuk berbisnis ya anda harus menggandeng orang lain yang bisa dipercaya untuk memutar uang anda. Percayalah bahwa tidak setiap orang mempunyai rejeki /uang besar, sebaliknya tidak setiap orang mempunyai keberanian terjun bebas ke dunia bisnis. Jadi ya sebaiknya dalam bisnis ada faktor penting yang harus diperhatikan yaitu :

  • Investor – pemilik modal
  • Pelaksana – orang di lapangan yang menjalankan operasional bisnis
  • Sistem Manajemen – kontrol administrasi keuangan

DISCLAIMER :

  1. Syarat dan ketentuan berlaku
  2. Sangat penting dengan faktor Kepercayaan

Saya beberapa kali menuliskan dalam status Facebook begini :

Tidak ada orang hebat yang akan menguasai dunia. Teamwork yang hebat yang akan menjadi penguasa dunia!

Begitupun dalam bisnis. Saya mempunyai pemikiran begini :

Sebuah produk tidak akan laku di pasaran (kecuali keajaiban Tuhan) ketika produk itu tidak dilengkapi dengan sistem (sistem kerja ,  sistem produksi, sistem distribusi dll) yang hebat

Jadi, jika anda (atau kita?) ingin menjadi ‘hebat’ di dunia bisnis maka harus memiliki TEAMWORK dan SISTEM yang hebat karena ini yang akan menjadi ‘mesin penghasil uang’ dalam jumlah besar.

Jika anda kebetulan mempunyai kecukupan uang dan modal kapital maka langkah terjun ke dunia bisnis adalah :

  1. Mencari produk unik
  2. Membuat sistem (sistem kerja ,  sistem produksi, sistem distribusi dll)
  3. Menjual dan menyewakan sistem kepada umum

Salah satu ‘Sistem Penghasil Uang’ yang hebat adalah apa yang disebut dengan WARALABA atau Franchising

waralaba

waralaba

Menurut Wikipedia :

Waralaba (Inggris: Franchising;Prancis: Franchise) untuk kejujuran atau kebebasan[1]) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan[2]. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa[3].

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:

Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Yah, kenapa kita tidak coba membangun bisnis waralaba sendiri?

Bagaimana caranya? Jika anda serius, kontak saya untuk bekerja sama🙂

Ingat sebuah resep rahasia yaitu ‘CARI PRODUK UNIK’ karena produk yang biasa-biasa saja akan mendatangkan pesaing baru ketika mereka tahu bahwa bisnis yang kita jalankan ternyata cukup mudah untuk ditiru

One Response

  1. Sy stuju skali dgn tulisan anda…sy jg tertarik krjasama,,,
    Sy tnggu replayx via email y…
    Terimakasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: