Belajar Bisnis Pemula: Cari Produk & Buat Jaringan Mitra Bisnis

WIRALINK – Melanjutkan obrolan soal Belajar Bisnis Untuk Pemula, saya coba mengambil judul Belajar Bisnis Pemula: Cari Produk & Buat Jaringan Mitra Bisnis

Ketika anda merasa kesulitan karena harus mengurus beberapa lapak dagangan secara langsung, maka jalur bisnis lain yang (mungkin) layak dipertimbangkan adalah dengan mencari produk dagangan segmented dan membuat jaringan pemasaran sebanyak mungkin agar omset bisa bertambah.

Menurut saya, sistem bisnis seperti ini memerlukan modal kapital yang relatif minimalis. Artinya kita bisa membangun sebuah bisnis sendiri dengan modal ala kadarnya.

Saya contohkan sebuah bisnis yang saat ini sedang saya lakukan yaitu jual madu murni. Disini saat awal membuka bisnis ini, saya hanya mengeluarkan modal < Rp. 5.000.000,- untuk membeli persedian/ stok madu murni ,  perlengkapan produk, biaya promosi dan lain-lain.

ternak lebah madu murni asli

ternak lebah madu murni asli

Bisa dilihat, Harga Madu Murni Asli per 1 Januari 2013

Ukuran / Kemasan
Harga per Botol
620 ml / Botol Kaca
Rp. 150.000,-
620 ml / Botol Plastik
Rp. 150.000,-
920 ml / Botol Plastik Rp. 200.000,0

Saya berani memberikan diskon besar bagi beberapa teman, saudara dan tetangga yang ingin bergabung dalam bisnis jual madu murni asli. Kenapa? Karena saya mendapatkan stok barang dagangan produk panen langsung dari peternak lebah madu yang kebetulan milik keluarga besar. Jadi, Insya Allah harga masih bisa bersaing di lapangan.

Maka, ketika anda ingin berbisnis dengan sistem ini, hal terpenting adalah TEMUKAN PRODUK YANG DIPEROLEH LANGSUNG DARI PRODUSEN, artinya ya produk dan harga dari tangan 1 sehingga biaya bisa ditekan dan bisa dibuat sistem jaringan pemasaran dengan merekrut beberapa mitra bisnis.

Langkah selanjutnya adalah amankan stok produk dari produsen dan persiapkan jalur distribusi yang baik dan benar untuk kemajuan bisnis di masa depan. Insya Allah saya sedang mencoba kesana. Semoga saja …

Sistem kerja mitra bisnis bisa diatur dengan konsep kekeluargaan dan tidak merugikan salah satu pihak. Ketika semua sistem bisa berjalan lancar maka Insya Allah keuntungan / laba akan mengalir ke kantong ‘kami’. Artinya, saya dan mitra bisnis bisa merasakan rejeki.

Ada sesepuh yang pernah mengatakan :

Jangan takut berbagi rejeki, tetapi lebih takutlah ketika ternyata tidak ada rejeki yang bisa dibagi untuk dinikmati bersama orang lain.

Sampai saat ini, saya masih mencari mitra bisnis yang mau ikut memasarkan madu murni. Tetapi, dalam tahap awal saya hanya merekrut dari teman, tetangga dan saudara yang bisa dipercaya sehingga diharapkan bisnis bisa berjalan sesuai rencana. Jika ada penyimpangan jalur maka saya bisa segera memperbaikinya.

NEXT … ketika bisnis sudah besar dan jaringan mitra bisnis sudah tertata maka saya akan beralih menjadi produsen. Seperti update status seorang teman di Facebook

Pebisnis online yang bisnisnya menggurita hanya yang punya produk, baik produk digital maupun produk fisik.
Yang nyalo (ga punya produk) atau jual jasa jarang sekali ada yg menjadi besar. Kalopun ada, pasti nyalo atau jual jasa nya kelas internasional (eksportir). Mau jadi pemain biasa atau yg menggurita, syaratnya cuma 1 : terus upgrade skill dan knowledge. [by Primo Prima]

Dalam dunia apapun, apalagi BISNIS, hubungan baik dan kepercayaan relasi adalah numero uno … setujuh?

[Bersambung]

2 Responses

  1. […] Belajar Bisnis Pemula: Cari Produk & Buat Jaringan Mitra Bisnis […]

  2. mau minta bmbingan ni, mau mulai bisnis ..

Leave a Reply

