Produk Apa Yang Cocok Menjadi Bisnis Dropship?

WIRALINK – Produk Apa Yang Cocok Menjadi Bisnis Dropship? Menurut saya pribadi ya produk apa saja. Mulai dari produk barang fisik maupun non fisik. Mulai dari barang murah sampai barang mahal. Intinya, selama produk tersebut dicari dan dibutuhkan orang ya bisa dijadikan bisnis dropship.

Apakah Dropshipping itu? Dari hasil search Google saya memperoleh penjelasan sebagai berikut :

Dropship adalah satu jenis sistem penjualan dimana penjual tidak memiliki produk yang dijualnya tetapi memiliki ijin untuk menjual barang tersebut. Jadi penjual hanya ikut memasarkan barang tersebut dengan harga yang ia tentukan sendiri sebagai keuntungannya atau menerima komisi sesuai kesepakatan dengan pemilik barangnya. Di dalam pengaturan Dropshipping, pengecer bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan. (sumber: gado-gado)

Jadi jika mengacu pada definisi diatas, bisnis dropship sama dengan bisnis makelar atau calo. Bener begitu? Lanjut …

bisnis online

bisnis online

Saya menemukan ada sebuah website yang menawarkan kerjasama ‘Bisnis Dropshipping Travel Haji Umrah‘. Ini adalah sebuah bisnis jasa pemasaran dengan memberikan komisi bagi agen / team pemasarannya yang akan mendapat keuntungan/ bonus ketika berhasil merekomendasikan jamaah Haji dan jamaah Umrah.

Misalkan saya menjadi salah 1 orang yang bergabung dalam Bisnis Dropshipping Travel Haji Umrah, apakah saya mempunyai saham atau kepemilikan untuk biro tour haji umroh tersebut? Tentu saja tidak! Saya hanya agen pemasaran lepas (freelance) yang tidak ada hubungan bisnis formal dengan perusahaan.

Ketika saya membuka counter pulsa murah yang menawarkan voucher elektrik milik provider, apakah saya juga memiliki saham di provider tersebut? Tentu saja tidak! Saya hanya bertugas menjualkan pulsa ke konsumen dengan nilai keuntungan yang sudah diatur oleh provider dan hanya menjadi pemilik untuk lapak yang saya kelola. Jadi ya saya adalah wirasusaha mandiri yang bergabung dalam sistem sebuah big company provider.

Dalam artikel sebelumnya saya sudah menuliskan tentang ide jual tusuk sate dan jual kapal ikan. Ada seorang teman IM yang bertanya :

Ane mau tanya, misal jual tusuk sate tadi … kalau barang2 begituan, kenapa ngga milih untuk memproduksi sendiri?

Saya yakin bahwa ada sebagian orang yang masuk dunia internet marketing secara coba-coba, tidak mempunyai pengalaman bisnis dan tidak punya uang untuk biaya investasi awal. Sangat sedikit orang yang nekad terjun di online shopping dengan keyakinan 100% bahwa produknya memang hebat.

Saya juga haqul yakin ketika kita siap memproduksi sendiri pasti keuntungan lebih besar tapi … apakah kita tidak juga  perlu modal dan siap menanggung ribet saat proses produksinya? Setelah produk jadi, apakah kita bisa menjualnya? Saya menyarankan kalau buat bisnis coba-coba ya mending reseller/ dropship terlebih  dahulu nanti kalau sudah punya banyak langganan baru berinvestasi dengan membuat produk sendiri. Bisnis dropship hanya memerlukan modal untuk membeli nama domain + hosting yang jauh lebih murah biayanya. Benar begitu?

Tanya : kalau kita cari produsen2 di internet, otomatis produknya juga udah masuk pasar internet dong? Jadi sudah nggak segmented lagi … bener ga tu?

Menurut saya, banyak produsen yang nggak tau ilmu seo, contohnya JUALKAPALIKAN.COM. Dalam bisnis yang saya share adalah saya bermain di KEYWORDS ON DOMAIN. Jika saya ambil nama ini maka dengan sedikit optimasi SEO + BackLinks maka (Insya Allah) olshop yang saya kelola bisa masuk halaman 1. (Lihat hasil search Google untuk keywords ‘jual kapal ikan’)

Tanya : Kira-kira, apakah ada yang mau beli kapal ikan dari internet? Kan barang yang mahal gitu, mereka mau lihat lagsung pastinya dan harus percaya betul

Kenapa enggak? Buktinya banyak yang menawarkan jual kapal ikan di Google. Saya yakin bahwa ketika ada hasil pencarian untuk Katakunci ‘jual kapal ikan’ berarti sudah pernah ada yang search dan mencari informasi untuk produk tersebut. Ketika si pembeli ingin melihat produknya ya silahkan saja melihat langsung ke alamat pihak produsen. Tentu saja hal ini berlaku ketika hubungan saya dengan produsen sudah baik sehingga tidak digunting dalam lipatan.

Kesimpulan akhirnya, Produk Apa Yang Cocok Menjadi Bisnis Dropship?
Jawabnya, produk apa saja ketika ada hasil pencarian di Google berarti bisa menjadi sebuah pasar yang bisa dikembangkan. Benar begitu?

Semua isi artikel di blog saya – WIRALINK: Dunia Wirausaha Indonesia : Semangat Perubahan! – dibagikan secara GRATIS. Silahkan dibaca saja …
Jika ada yang mencopypaste dan menyebarluaskan dengan menarik imbalan atau memperjualbelikan dalam bentuk apapun … semoga mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.

One Response

  1. […] silahkan anda baca-baca lagi postingan saya terdahulu yaitu : Produk Apa Yang Cocok Menjadi Bisnis Dropship? Rahasia Bisnis Online Marketing [Tanya-Jawab] Apa yang disebut PRODUK […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: