Bisnis Online : Cara Memilih Nama Domain

WIRALINK – Bisnis Online : Cara Memilih Nama Domain

Bagi saya, nama domain itu penting karena langsung nendang ke sasaran. Saya sudah share soal ONLINE BRANDING versi saya pribadi. Mungkin saya salah dan tidak sesuai dengan kaidah ilmu online marketing atau offline marketing tetapi … ya sudahlah. Itu yang sampai saat ini tetap saya lakukan.

Jujur saja, saya tidak begitu ‘nggeh’ dengan fobia Google EMD Update – Exact Match Domain (EMD) – karena beberapa website saya ya jelas melanggar aturan EMD ini. Langsung menembak target keywords yang ditambahi akhiran .com (dot com). Sungguh sesuatu ya? Nyatanya, sampai saat ini masih aman. Kalau besok kena deindex ya saya harus bekerja keras agar alamat URL tetap masuk index mesin pencari Google.

Hari ini saya mendapat peluang bisnis di Jogja. Ada hal yang mengganjal karena saya bingung memilih nama kota antara ‘JOGJA’ dan ‘YOGYA’ saya ingin memakai nama produk (KW – Keywords) + JOGJA / YOGYA.

Dari hasil share ke social media Facebook, beberapa teman menyarankan untuk memakai nama JOGJA karena ini kebiasaan beberapa orang (user – calon target konsumen) saat berhadapan dengan halaman Google. Mereka (konon) lebih memilih mengetikkan kata Jogja. Lihat penampakan gambar berikut yang dikirimkan oleh ‘Kang Juhadi’ dari data Google AdwordsGoogle AdWords is Google’s main advertising product and main source of revenue

Silahkan klik gambar untuk memperbesar …

jogja yogya adwords google

jogja yogya adwords google

Nah, sudah ketemu 1 hal. Problem solved!

Kini masalah lain timbul yaitu saat saya mengetik beberapa pilihan nama pada google.com maka menghasilkan data sebagai berikut :

Tingkat persaingan LOW – pencarian global/ lokal > 1juta

2 kata KW1 JOGJA/YOGYA (nama disambung)
KW1JOGJA .COM (sudah diregister orang) – About 700,000 results (0.23 seconds)
KW1YOGYA.COM (masih kosong) – About 565,000 results (0.23 seconds)

3 kata KW1 KW2 JOGJA/YOGYA (nama disambung)
KW1KW2JOGJA .COM (masih orang) – About 301,000 results (0.19 seconds)
KW1KW2YOGYA.COM (masih kosong) – About 301,000 results (0.25 seconds)

Saya harus menentukan pilihan!

Menurut mas Bodin, begini : akan ada pembenahan antara dua kata itu Mas Herry …ane dah nyoba disitu.,..Jogya dan Yogya sama saja… thks.

dalam kasus ini … 2 kata KW1 JOGJA/YOGYA (nama disambung)
KW1JOGJA .COM (sudah diregister orang) – About 700,000 results (0.23 seconds)
KW1YOGYA.COM (masih kosong) – About 565,000 results (0.23 seconds)

Bodin : Kayaknya tergantung sopirnya gan… bisa ditambahkan di meta -tag atau diskripsi blog atau ditempat lainnya… ,kemarin ketika ane shoot nnnYogya… ada pembenahan kata dari Mbah Google .. apakah yang anda maksud nnn.jogya ..?? – demikian pula sebaliknya… .

cek data KW1JOGJA .com … Total Backlinks : 687 (BL watch) … PR 0, Alexa Traffic Rank ? 3,439,772 , Domain Authority (DA) ? 13/100 , Domain age ? 1 years 6 months 29 days (According to Whois created on 25.06.2011). … Bodin: piye mas bro? ambil KW1YOGYA .com aja yaa …

Bodin : Ya…seandainya itu yang terdekat,toh sekarang musim EMD justru yang paling pass domainnya= KW akan kalah kayaknya, dan yang nyerempet-nyerempet ke KW justru yang menang… ambil aja gan..pasang meta tag dan optimasi H2 nya…

PROBLEM SOLVED!
Kini saya harus bergerak menghubungi supplier dan segera membuat kontrak kerjasama untuk JASA PEMASARAN ONLINE maupun OFFLINE. Semoga hal ini bisa menambah rejeki bagi saya, keluarga dan lingkungan … Insya Allah … Amiinnnn

Begitulah cara saya memilih nama domain sebagai alamat website bisnis. Bagaimana dengan anda?

Leave a Reply

