Online Branding : Penting Nggak Sih?

nama domain

nama domain

WIRALINK – Online Branding : Penting Nggak Sih?
Jawabnya adalah ‘TERGANTUNG KEPERLUAN, SITUASI DAN KONDISI”

Kenapa begitu?

Begini, silahkan anda baca-baca lagi postingan saya terdahulu yaitu :
Produk Apa Yang Cocok Menjadi Bisnis Dropship?
Rahasia Bisnis Online Marketing
[Tanya-Jawab] Apa yang disebut PRODUK SEGMENTED?

Apa yang anda pikirankan? Bagaimana menurut anda? Apa kesimpulannya?

Saya bahas saja soal peluang menembus Top 1 Google versi saya ya …

Begini, menurut saya untuk menjadi online marketer yang sukses berjualan dan menutup transaksi maka (sekali lagi, MENURUT SAYA yang mungkin saja salah dan sesat) saya katakan bahwa ONLINE BRANDING TIDAK PENTING. Hal ini berlaku khusus untuk pemilihan nama domain. Kita tidak perlu mencari nama singkat untuk menampilkan merk usaha kita yang hanya ‘bonek’ – bondho nekad hanya bermodal semangat dengan kemampuan financial ala kadarnya.

Begini penjelasan ngawurnya :

Ketika saya mempunyai produk unik misalnya BAJU ANTI BASAH yang kita beri merk dagang ‘TOP TSHIRT’ maka saya tidak akan memilih nama domain TOPTSHIRT.COM tetapi lebih enak memilih nama BAJUANTIBASAH.COM, JUALBAJUANTIBASAH.COM, TOKOBAJUANTIBASAH.COM, GROSIRBAJUANTIBASAH.COM dan lain-lain yang lebih nendang di keywords berdasarkan fungsi dan kegunaan online shop agar bisa lebih segmented mengejar pasar konsumen.

Nah, nanti di webstore yang saya buat pasti dicantumkan informasi tentang merek dagang (brand name) atas produk dagangan saya yaitu TOP TSHIRT sehingga pengunjung dan calon pembeli tahu bahwa kalau mencari BAJU ANTI BASAH ya lebih baik yang bermerk TOP TSHIRT.

Perlahan, saya berikan edukasi di lapak online saya bahwa TOP TSHIRT adalah begini dan begitu.

Shakespeare

Shakespeare

Begitu juga mungkin ketika saya ingin menampilkan citra diri dan image bahwa saya adalah seorang KONSULTAN MARKETING BISNIS MODAL NEKAD maka saya tidak akan membeli domain name NAMASAYA.COM tetapi lebih memilih nama domain  KONSULTANMARKETINGBISNISMODALNEKAD.COM

Nama panjang dan sulit diingat? NGGAK MASALAH, YANG PENTING BISA NENDANG DI KATAKUNCI TARGET!!!

Tujuan online shop adalah berjualan. Jadi merk brand name cukup ditampilkan di dalam isi halaman atau postingan bukan menjadi nama domain Top Level Domain yang akan dibeli.

Ini Cara Online Branding versi saya lhoo … bisa benar dan mungkin saja salah bin sesat. Silahkan anda mencari referensi lain sebelum mengambil keputusan penting dalam pemilihan nama domain.

William Shakespeare (26 April 1564 (baptised) – 23 April 1616) berkata :

Apalah arti sebuah nama?

Sebuah produk minuman di Indonesia mengambil tagline :

Yang penting isinya, buat apa beli bungkus (botol) nya?

Kalau saya lebih asyik dan enjoy berpedoman :

Buat apa mempunyai nama domain online shop yang  singkat, bagus dan mudah diingat kalau nggak bisa menghasilkan transaksi penjualan produk?

Bagaimana menurut anda?

One Response

  1. […] Online Branding : Penting Nggak Sih? […]

Leave a Reply

