The Concept of the Marketing Mix

WIRALINK – Salam Wirausaha Mandiri!

marketing

marketing

Beberapa waktu lalu saya sudah menuliskan update status di FP – Dunia Wirausaha (https://www.facebook.com/pages/Dunia-Wirausaha/120327961467052)  seperti ini :

Berani Mengambil Resiko itu merupakan jiwa seorang enterpreneur … nekad tetapi tidak ngawur karena punya perhitungan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Yah, jika dipikir-pikir, keputusan untuk terjun ke jalur wirausaha itu memerlukan keberanian dan jiwa bonek (bondho nekad) tetapi tidak semata-mata nekad yang bisa berakibat mati konyol. Seorang wirausaha harus mempunyai perhitungan matang dan menentukan target perkembangan usaha yang (Insya Allah) bisa dipertanggung jawabkan.

Dari beberapa referensi yang pernah Saya dapatkan, dalam dunia bisnis dikenal adanya teory 4P yang sering disebut sebagai Marketing Mix. Teori ini deperkenalkan oleh Neil H. Borden dalam publikasi artikelnya yang berjudul  ‘The Concept of the Marketing Mix’

Isi Teori 4P adalah :

1. Product, yang meliputi produk barang fisik maupun jasa.
Seorang wirausaha harus sudah menentukan produk barang atau jasa apa yang akan dijual ketika ingin memulai sebuah unit usaha bisnis.

2. Price (harga).
Tentukan terlebih dahulu harga jual dari produk tersebut setelah menghitung segala biaya bisnis baru yang terkait dalam penjualan agar bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk .

3. Place (tempat).
Pikirkan juga kebutuhan tempat yang sesuai untuk memulai usaha. Tempat usaha sebaiknya mudah dijangkau  konsumen dan mudah untuk mendistribusikan produk ke konsumen. Di era teknologi informasi seperti sekarang, banyak bermunculan online shopping sehingga seorang wirausaha tidak lagi bergantung pada tempat secara fisik. Kita bisa berjualan secara online lewat internet. Yang wajib dipikirkan adalah bagaimana cara mendistribusikan pesanan agar sampai ke konsumen dengan cepat dan biaya yang murah.

4. Promosi.
Langkah selanjutnya adalah melakukan promosi yang effektif menggunakan media yang sesuai. Kita bisa melalui iklan di media cetak (koran, majalah), media elektronik (televisi, radio) , media promosi luar ruang (selebaran pamflet, brosur, spanduk) maupun melalui dunia internet dengan membuat  blog, website, milis, ebook, dan lain-lain.

Jadi, ketika anda memutuskan terjun bebas ke dunia wirausaha maka anda perlu memahami Teori 4P di atas. Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: