Rahasia Bisnis Online Marketing

WIRALINK – Banyak teman-teman Online Marketing yang masih bingung tentang PRODUK SEGMENTED. Beberapa diantaranya langsung PM untuk menanyakan ini dan itu. Agar tidak menjadi HOAX maka saya buka saja Rahasia Bisnis Online Marketing yang saya dan saudara saya lakukan untuk mengejar pasar lokal dalam negeri.

Kunci rahasianya adalah :

MEMBUAT OLSHOP YANG MENAWARKAN PRODUK SEGMENTED … jualan produk yang orang nggak ada pikiran untuk menjualnya secara online

Lihat yang ini, misalkan saya mau ‘JUAL TUSUK SATE’. Saya merasa bahwa produk ini banyak peminatnya jadi saya lakukan survey katakunci di Google. Ini penampakannya :
Google.com

jual tusuk sate google.com

jual tusuk sate google.com

About 289,000 results (0.24 seconds)

Google.co.id

jual tusuk sate google.co.id

jual tusuk sate google.co.id

About 290,000 results (0.21 seconds)

Lihat posisi web/ blog yang keluar di halaman 1 Google. Pada kasus diatas diisi oleh blog gratisan dan web iklan baris gratis atau social bookmark jadi kalau misalkan saya memakai Top Level Domain (TLD) .com maka dengan sedikit optimasi backlinks masih ada harapan menerobos ke posisi puncak Top 1 Google.

Kasus yang lain, saya ambil produk ‘Jual Kapal Ikan’. Mungkin produk ini banyak dicari oleh pebisnis, investor, pemodal kakap bahkan si nelayan sendiri. Penampakannya hampir mirip kasus di atas, dengan hasil sebagai berikut :

  • Google.com
    About 359,000 results (0.32 seconds)
  • Google.co.id
    About 399,000 results (0.33 seconds)

Jadi (misal) ada 2 pilihan toko online yang akan saya kelola yaitu :

  1. JUALTUSUKSATE.COM
  2. JUALKAPALIKAN.COM

Sekarang saya berpikir ulang karena saya hanya sebagai RESELLER / DROPSHIPPER dari online shop yang akan saya bangun. Ada beberapa pertimbangan penting yang harus dipikirkan secara matang yaitu :

  1. Dimana saya mengambil produk tersebut?
  2. Siapa penjual yang bisa diajak kerjasama?
  3. Berapa komisi yang saya peroleh saat terjadi transaksi penjualan?

Jika sudah mendapat jawaban no (1) dan (2) maka yang terpenting adalah jawaban no (3). Misalkan saja saya mendapatkan fee penjualan 10% untuk kedua item barang target tersebut maka tentu saja saya akan memilih mengelola JUALKAPALIKAN.COM.

Apa alasannya?

Tusuk Sate harga jualnya murah tetapi penjualan bisa meraih omset banyak. Berapa orang yang harus saya rayu agar mau membeli tusuk sate di toko online saya agar saya bisa mendapatkan komisi (misal) Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) per bulan?

Kapal Ikan harga jualnya mahal jadi pasar cukup sempit. Tetapi bayangkan jika saya bisa menjual 1 kapal ikan (katakanlah) per 2-3 bulan maka yakinlah bahwa komisi Rp. 10.000.000,- bisa langsung masuk rekening bank saya ketika terjadi 1 transaksi yang sukses.

Ingin mendapat penghasilan besar Rp. 100.000.000,- per bulan? Insya Allah bisa tercapai jika mengoptimasi pasar lokal dengan tutorial ngawur di atas.

Inilah yang saya sebut sebagai PRODUK SEGMENTED.

Anda tentu saja bisa berkreasi sendiri sesuai kondisi lingkungan sekitar. Lihat dan amati sekeliling anda. Cari barang unik yang orang tidak punya pikiran untuk berjualan secara online. Kalau dalam hitungan saya, berjualan (maaf) baju, fashion, sepatu, tas, mainan anak, dan lain-lain sudah tidak menarik karena banyak pemodal besar yang sudah terjun ke dunia online. Saya yang hanya pengais komisi online dengan modal nekad ya bisa tersingkir ke pinggir lapangan, tidak bisa berjualan karena pembeli kurang percaya dengan online shop yang penampilannya ala kadarnya. Saya memakai theme gratisan dan tidak pernah menggunakan tool berbayar karena tidak punya uang dan … SEDIKIT PELIT! Hehehe (Kalau bisa gratis, kenapa harus bayar? Kecuali membeli nama domain dan hosting)

CATATAN :

Saya tidak tertarik untuk berjualan property karena banyak pesaingnya. Walaupun saya juga memajang beberapa listing properti tetapi jujur saja saya belum pernah bisa melakukan transaksi. Saya hanya memakai blogspot atau wordpress yang gratisan untuk melakukan ‘jual beli property online’ yang gagal. Hehehe
Jujur, nama domain saya panjang-panjang tergantung keperluan. Ada yang mencapai 25-30 karakter dan selalu berakhiran .COM jadi ya nggak bisa dibanggakan tetapi cukup nendang untuk mendapatkan konsumen dan meraih komisi dari penjualan.

DISCLAIMER :

Rejeki sudah ada yang mengatur. Lain orang bisa lain hasilnya walau mempraktekkan teori yang sama

4 Responses

  1. mantap bos – inspiratif – ….!

  2. […] artikel sebelumnya saya sudah menuliskan tentang ide jual tusuk sate dan jual kapal ikan. Ada seorang teman IM yang bertanya […]

  3. mantap!
    mastah yg ga pelit berbagi

  4. […] baca-baca lagi postingan saya terdahulu yaitu : Produk Apa Yang Cocok Menjadi Bisnis Dropship? Rahasia Bisnis Online Marketing [Tanya-Jawab] Apa yang disebut PRODUK […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: