Departemen Agama RI : Larangan MLM Haji dan Umrah

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke Baitullah…” [QS. Ali 'Imrah 97]

Kementrian Departemen Agama RI melarang kegiatan usaha Biro Perjalanan Haji dan Umrah yang menggunakan sistem MLM, berdasarkan surat dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh no. Dj.VII/HJ-09/10839/2012. Berikut salinan surat edarannya :

Larangan Kegiatan Usaha MLM Haji Umrah

Larangan Kegiatan Usaha MLM Haji Umrah

Departemen Agama RI : Larangan MLM Haji dan Umrah

Departemen Agama RI : Larangan MLM Haji dan Umrah

Sumber : http://www.isparmo.com/2013/01/larangan-kegiatan-usaha-mlm-haji.html

Untuk lebih jelas, silahkan klik gambar di atas

Referensi Berita Media

Masyarakat Agar Tidak Terpikat Haji atau Umrah MLM
Ahmad Dani – Okezone
Jum’at, 01 April 2011 16:57 wib

JAKARTA – Direktur Pembinaan Haji Kementerian Agama Ahmad Kartono mengingatkan masyarakat agar tidak terpikat oleh penyelenggara ibadah haji atau umrah dengan sistem multi level marketing (MLM) atau sistem berantai. Karena sistem yang banyak berkembang belakangan ini memiliki potensi penipuan yang sering dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Ada pihak yang bisa berangkatkan umrah Rp2,5 juta, haji Rp5 juta dengan cara berantai. Ini sama-sama kita berantas,” kata Ahmad Kartono di depan peserta pembekalan dan sosialisasi penyelenggara ibadah haji khusus di Jakarta, Jumat (1/4/2011).

Acara ini diikuti 250 peserta mewakili PIHK (penyelenggara ibadah haji khusus) dan pejabat bidang haji Kemenag.

Menurut Ahmad Kartono, minat masyarakat untuk menunaikan ibadah umrah atau haji melalui MLM karena mereka terpikat oleh biaya yang murah dibanding dengan biaya haji atau umrah secara resmi. Padahal dengan cara berantai atau arisan ini lebih banyak orang yang kecewa.

Sementara itu, Ketua Umum HIMPUH (Himpunan Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji) Baluki Ahmad menambahkan, saat ini ada pola atau modus baru sebuah biro perjalanan menggaet calon jamaah haji melalui cara MLM.

“Mereka mengumpulkan masyarakat dengan iming-iming biaya murah bisa pergi haji. Padahal travel ini tidak ada izinnya, ini yang harus kita waspadai,” tandasnya.

Baluki juga berharap agar masyarakat untuk tidak terbujuk travel yang menawarkan paket perjalanan haji dan umroh dengan biaya semurah mungkin. Sebab, saat ini sudah tidak masuk akal dengan melihat kondisi eksternal, seperti naiknya biaya penginapan, transportasi dan juga harga minyak mentah dunia.

“MLM seperti money game. Ini masukan kita ke Kementerian Agama. Karena kami diayomi undang-undang, harus dapat perlindungan, jadi MLM janagan dibiarkan,” tandas Baluki.

Ahmad Kartono yang mewakili Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Slamet Riyanto juga menyampaikan, kuota jemaah haji khusus sebagaimana tahun lalu sebanyak 17.000 orang. “Namun apabila ada tambahan, pemerintah akan mengalokasikan bagi jemaah haji khusus,” katanya.

Ia juga mengingatkan PIHK dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji khusus harus memiliki komitmen, antara lain memberikan akomodasi hotel berbintang 4, katering prasmanan standar hotel, transportasi menggunakan bus syarikah, penerbangan diperbolehkan transit maksimal hanya satu kali, masa tinggal di Arab Saudi maksimal 25 hari, menyediakan pembimbing ibadah dan petugas kesehatan.

“Ini agar jemaah bisa menunaikan haji dengan nikmat bukan malah sengsara,” kata Ahmad Kartono.

Terkait dengan adanya perubahan struktur Ditjen PHU dalam penanganan jemaah haji khusus, Kartonio menjelaskan lingkup koordinasi yang baru yaitu dengan Direktorat Pelayanan Haji menangani urusan pendaftaran dan pembatalan jemaah khusus, Direktorat Pembinaan dan Umrah menangani perizinan, akreditasi, pengawasan dan pengelolaan BPIH.
(ahm)

Sumber : http://news.okezone.com/read/2011/04/01/337/441428/masyarakat-agar-tidak-terpikat-haji-atau-umrah-mlm

Waspadai MLM Haji-Umrah Ilegal
Friday, 01 April 2011, 16:44 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Sistem Multi level marketing (MLM) ilegal dengan produk berangkat haji atau umrah menjamur. Karenanya masyarakat diminta waspada.

“Banyak laporan kasus meski tidak tertulis,” kata Direktur Pembinaan Haji Kementerian Agama Ahmad Kartono.

Kartono mengemukakan bentuk selain MLM ada pula sistem arisan haji atau umrah. Padahal, para penyelenggara baik MLM ataupun arisan tersebut tidak terdaftar secara resmi sebagai biro penyelenggara haji atau umrah. Bahkan, seringkali para oknum itu menawarkan harga jauh lebih murah. Di antaranya, ada yang memasang harga Rp 2,5 juta bisa memberangkatkan umrah dan Rp 5 juta untuk haji. “Ini illegal, mengatasnamakan biro padahal bukan,” kata dia.

Banyak ketentuan yang mesti dipenuhi oleh biro penyelenggara haji dan umrah. Bagi penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) misalnya, nilai pendaftaran sebesar 4.000 dolar AS guna memperoleh porsi. Bahkan, standar pelayanan yang lazim dipenuhi PIHK sangat ketat antara lai akomodasi hotel berbintang 4, katering prasmanan standar hotel, transportasi menggunakan bus syarikah, dan kesiapan menyediakan pembimbing ibadah dan petugas kesehatan.

Redaktur : Siwi Tri Puji B
Reporter : Nashih Nashrullah

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/umroh-haji/11/04/01/liywe7-waspadai-mlm-hajiumrah-ilegal

Sabtu, 02 April 2011 , 05:05:00
Waspadai MLM Haji dan Umrah

JAKARTA – Tingginya antusiasme umat Islam di Indonesia untuk menunaikan haji dan umrah menjadi modus baru bagi tindakan kriminalitas. Kementerian Agama (Kemenag) memeringatkan umat Islam di daerah untuk mewaspadai penyelenggaraan haji dan umrah dengan sistem multilevel marketing (MLM)

“Karena sistem yang banyak berkembang belakangan ini memiliki potensi penipuan yang sering dimanfaatkan oknum kriminal,” ujar Direktur Pembinaan Haji Kemenag Ahmad Kartono di depan peserta pembekalan dan sosialisasi penyelenggara ibadah haji khusus di Jakarta, Jumat (1/4) kemarin.

Kartono mengingatkan masyarakat agar tidak terpikat oleh penyelenggara ibadah haji atau umrah dengan sistem berantai tersebut. Kemenag telah mendapat banyak laporan terkait tindak kriminalitas ini. Biasanya ada pihak yang mengumbar janji memberangkatkan umrah dengan modal Rp 2,5 juta sedangkan biaya haji Rp 5 juta dengan cara berantai atau arisan.

Walau kesan penipuan sangat kentara namun minat masyarakat menunaikan ibadah umrah atau haji membuat banyak warga yang tertipu. “Padahal dengan cara berantai atau arisan ini lebih banyak orang yang sudah tertipu,” kata dia.

Ketua Umum Himpunan Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) Baluki Ahmad menambahkan, modus lain juga dimiliki biro perjalanan palsu untuk menggaet calon jamaah haji melalui MLM. Mereka, mengumpulkan masyarakat dengan iming-iming biaya murah bisa pergi haji. Padahal biro itu tidak berizinnya. “Ujung-ujungya duit dibawa kabur,” kata dia.

Baluki berharap masyarakat tidak terbujuk travel yang menawarkan paket perjalanan haji dan umroh dengan biaya semurah mungkin. Sebab, saat ini sudah tidak masuk akal dengan melihat kondisi eksternal, seperti naiknya biaya penginapan, transportasi dan juga harga minyak mentah dunia.

“MLM seperti money game. Ini masukan kita ke Kemenag karena kami diayomi undang-undang, harus dapat perlindungan,” tegas Baluki.

Kartono menyampaikan, tahun ini kuota jamaah haji khusus adalah 17 ribu orang. Namum jumlah itu masih bisa bertambah mengingat biasanya Kerajaan Arab Saudi memberikan kuota tambahan di waktu-waktu jelang musim haji. Karena itu apabila ada tambahan kuota haji maka pemerintah akan mengalokasikan bagi haji khusus.

Ia mengingatkan PIHK dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji khusus harus memiliki komitmen. Antara lain memberikan akomodasi hotel berbintang empat, katering prasmanan standar hotel, transportasi menggunakan bus syarikah, dan penerbangan diperbolehkan transit maksimal hanya satu kali.

Selain itu agar masa tinggal di Arab Saudi maksimal 25 hari mereka harus menyediakan pembimbing ibadah dan petugas kesehatan. “Ini agar jemaah bisa menunaikan haji dengan nikmat bukan malah sengsara,” kata Ahmad Kartono.

Saat ini Kemenag juga mengubat tata kelola manajemen haji. lingkup koordinasi yang baru yakni Direktorat Pelayanan Haji menangani urusan pendaftaran dan pembatalan jemaah khusus. Sedangkan, Direktorat Pembinaan dan Umrah menangani perizinan, akreditasi, pengawasan dan pengelolaan BPIH. “Harapannya pelayanan akan semakin cepat dengan perubahan tata kelola ini,” kata dia. (zul)

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2011/04/02/88468/Waspadai-MLM-Haji-dan-Umrah-

About these ads

One Response

  1. Surat Kritik Untuk MUI Tentang Bisnis MLM UMROH pada Perusahaan PT.ARMENAK PIDANA (Ada Sensor Neh, hehehehehe… kasihan kalau terang-terangan takut nanti member atau perusahaan nangis bombai)

    Saya yang masih kurang mengerti mengenai hukum agama dan hanya ngerti secuil tentang bisnis ingin mengkritik MUI kalau ini merupakan kritik,hehe…

    Dan saya akan memfokuskan pada PT.ARMENAK PIDANA.

    Bila MUI menganggap MLM Umrah PT.ARMENAK PIDANA halal (kalau emang dianggap halal), silahkan jawab pertanyaan ini, “Darimana dapat biaya umrah (yang terbilang MAHAL) tetapi awal daftar cuma bayar DP kurang lebih 2/3 juta”.

    MUI tahu jawabannya?

    Ya, dari member baru lagi alias hasil pengrekrutan.

    Bila member dapet bonus dari DANA IKLAN PERUSAHAAN atau apalah, toh kenyataanya tidak masuk akal bila bisa umroh hanya bayar kurang lebih 2 juta.

    Bila member mendapat bonus besar dari dana iklan dengan alasan “Daripada promisi ke televisi atau membayar artis, mending uangnya untuk membayar tenaga marketing-marketing ini” (ucapan langsung dari member PT.ARMENAK PIDANA), MEMANG PRODUKNYA APA ARMENAK ITU? Pelayanan umrah dengan harga 2/3 juta kan? ITU TIDAK MASUK AKAL kalau harga cuma segitu (2/3 juta).

    Untuk pembahasan lebih jelas, saya anggap perusahaan misal PT.ARMENAK PIDANA (nama palsu) dan sejenisnya adalah jasa pelayanan umroh. Ya saya terima hal ini. Lalu perusahaan ini membangun sebuah strategi pemasaran berjenjang (MLM dan klaim bukan MLM). Oke, saya terima hal ini.

    Tetapi kenapa harus bayarnya 2/3 jutaan? Ini pertanyaan yang MERAGUKAN keputusan MUI melegalkan alias menghalalakan MLM Umroh (kalau PT.ARMENAK adalah yang termasuk halal) dengan biaya segitu.

    Bila PT.ARMENAK PIDANA atau sejenisnya ingin menerapkan sistem MLM (dan klain bukan MLM alias networking) dalam pelayanan umroh mereka, kenapa tidak tentukan saja biaya total untuk umroh? Jangan melunasi pembayaran pendaftaran (DP) dan biaya total untuk umroh lewat merekrut misal 8 orang dan terus. Ini sistem PENZOLIMAN dan sudah merupakan PERMAINAN UANG.

    Bisnis MLM umroh itu menjual apa?

    Menjual layanan umroh kan?

    Bila menjual layanan umroh, kenapa tidak tentukan saja biaya total yang harus DIBAYAR TANPA MEREKRUT!

    Bila penghasilan dari merekrut cukup penghasilan yang diluar kepentingan biaya untuk UMROH (hanya bonus sponsor, pasangan, dll).

    LOGIKA RIBA: Mengurangi atau Melabihkan sesuatu yang membuat salah satu pihak merasa dirugikan. MUI LEBIH TAU MENGENAI RIBA. Nah, sistem pembayaran MLM umrah yang mengurangi biaya sebenarnya (kenyataanya harus merekrut untuk memenuhi biaya total umroh) seperti kaidah RIBA. YA MAAF MUI, KALAU SAYA SALAH.

    Dengan memiliki biaya total sebagai syarat ikut umroh bukan hasil rekrut+bonus pengrekrutan, maka orang-orang yang bukan member MLM Umroh/member MLM umroh (atau klaim bukan MLM alias networking) bisa umroh lewat PT.ARMENAK PIDANA, misalnya hasil ajakan member perusahaan tersebut. INILAH YANG HARUS DIANJURKAN PADA PT.ARMENAK PIDANA.

    Maka Sistem Gabungnya Seperti Ini:
    Bagi yang ikut MLM Umroh di PT.ARMENAK PIDANA (atau klaim bukan mlm) cukup bayar biaya pendaftaran saja sebesar misal 200.000 sebagai HAK USAHA. Atau bila ingin gabung sekaligus ikut umroh maka bisa bayar 200.000+biaya total umroh. PT.ARMENAK PIDANA pun bisa menjual produk dan jasa lain selain jasa travel umroh.

    Bisnis pelayanan umroh dan haji adalah halal pada dasarnya karena menjual jasa. Karena sudah ada perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam hal ibadah haji dan umroh. Namun kalau biaya pendaftaran haji dan umroh tidak sesuai harga asli misal cuma 2/3 juta, Maka Patut Dipertanyakan Kehalalannya.

    Sebenarnya ini bukan kritik, tetapi lebih ke mengajukkan pertanyaan dan memberi solusi menurut pemikiran saya.

    BILA INI BERMANFAAT, SILAHKAN SEBARKAN. BILA PERLU SEBARKAN KE AHLI HUKUM AGAMA ISLAM KHUSUSNYA MUI! Silahkan copy-paste ke blog, fb, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: